adsense

Saturday, 18 May 2013

JERUK NIPIS SEBAGAI PENGOBATAN DAN KECANTIKAN

                             JERUK NIPIS SEBAGAI PENGOBATAN  DAN KECANTIKAN

     Jeruk nipis mengandung beberapa zat diantaranya, asam sitrun, glikosida, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin B1, vitamin C1, asam amino (triptofan, lisin), dan minyak atsiri. Dengan kandungan yang banyak itu jeruk nipis dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan  dan kecantikan misalnya untuk:

 

Untuk Pengobatan
Menurunkan panas anak  

Peras 5 buah  jeruk, lalu airnya dikukus selama 30 menit. Campur dengan  bawang merah yang telah dilumatkan, lalu  dilumurkan  ke  tubuh anak.
Redakan batuk,
Ambil jeruk nipis dan tambahkan madu atau kecap sesuai  selera.
Usir radang tenggorokan
Ambil  buah jeruk nips dan sedikit kapur sirih, lalu panaskan dengan api kecil. Peraslah, dan minum air hasil perasan pagi dan sore hari. Lakukan  rutin.

Untuk Menjaga Kecantikan
     Jeruk nipis ternyata digunakan sebagai perawat kecantikan, misalnya:
Mengusir bau badan
Peras  jeruk nipis , campur dengan kapur sirih, lalu oleskan  pada ketiak.  Biarkan tetap menempel selama beberapa waktu. Lakukan pagi dan sore hari.
Mencegah ketombe
Ambil air jeruk nipis, lalu gosokkan ke seluruh kulit  kepala. Biarkan beberapa menit, lalu keramaslah. Ulangi beberapa kali, sampai terasa rambut anda bersih  dari  ketombe.
Merawat wajah
Dapat membersihkan  kulit wajah yang berminyak. Gosokan buah jeruk nipis yang sudah dibelah pada wajah. Kulit mukapun jadi jernih dan halus, wajahpun menjadi  tampak lebih cemerlang.
Untuk diet
Minum air jeruk nipis, sehari 3 kali. Maka jangan heran tubuhmu tampak lebih ramping, karena jeruk nipis  mampu  membuang lemak ditubuhmu.

Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *