adsense

Saturday, 17 August 2013

Bumbu dapur pencegah kanker

         Bumbu dapur selain sebagai penyedap masakan, juga dapat menambah kesehatan anda. Hasil penelitian di negara India penggemar pemakai bumbu dapur terbanyak pada masakannya, bisa memperpanjang usia hidup seseorang.  Ada beberapa bumbu dapur yang kandungannya mampu mencegah penyakit  kanker yaitu:
Kunyit  digunakan sejak berabad-abad lalu di India dan Cina untuk pengobatan tradisional, pengawet makanan, pewarna dan bumbu masakan. Kunyit mengandung curcumin,  nama sejenis  senyawa kimia sepupu dekat kelas antioksidan polyphenol, yang seperti antioksidan lainnya  mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Tambahkan kunyit pada masakan anda, minum jamu kunyit setiap hari untuk menjaga kesehetan dan kecantikan anda.



Jahe
      Jahe sudah digunakan sejak zaman Cina kuno untuk mengatasi mual, gangguan perut, dan menghentikan diare. Sebuah laporan terbaru menunjukkan, jahe mengandung  kemampuan memerangi kanker. Menurut para periset Homel Institute University of Minnesofa, gingerol dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker colorectal manusia. Tingkatkan kesehatan dengan teh jahe segar. Seduh irisan  jahe segar dengan air panas. Beri madu dan perasan jeruk lemon.

 

Serai
       Serai mengandung aroma segar alamiah, digunakan untuk pelengkap bumbu dapur. Para periset Israel melaporkan, serai mengandung jumlah citral (senyawa yang ditemukan di dalam kulit lemon) berkhasiat meredakan  kram, kejang, sakit kepala, rematik. Juga  ditemukan mengadung  senyawa pencegah kanker, terutama kanker kolon. Hanya digunakan bagian bawah yang seperti umbi. Tambahkan ke dalam tumisan atau sup, bumbu masakan dapur anda. 

 

Oregano
       Bumbu yang digunakan dalam masakan Italia  ini mengandung  kadar antioksidan tertinggi dibanding semua bumbu. Satu sendok teh oregano mengandung antioksidan yang sama dengan kandungan 3 cup brokoli. Antioksidan menangkap radikal-radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.


Kayu manis
       Kayu manis sudah dikenal pada zaman Cina kuno, Mesir kuno dan Roma Kuno. Kayu manis terkenal  dengan khasiat  obatnya. Studi-studi departemen pertanian Amerika di Mayland mengungkapkan, kayu manis  dapat menurunkan  risiko proliferation sel-sel kanker lymphoma dan leukemia. Tambahkan  kayu manis pada es krim, kue, dan masakan anda.

 

Cabe
      Cabe tidak hanya memberikan rasa pedas pada masakan, tetapi juga bermanfaat kesehatan pada tubuh. Dalam percobaan,  zat yang terkandung dalam cabe  yaitu capsaicin mampu menghambat sel-sel kanker prostat pada manusia  dan tikus. Tambahkan menu cabe penambah makanan masakan anda sehari-hari.

Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *