adsense

Friday, 14 February 2014

Belajar bahasa dengan menulis dan mengarang lewat handphone dan facebook



Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat besar sekali bagi manusia. Seperti Handphone dan internet  bukan barang yang mewah lagi, dari tukang ojek, bibi sayur, anak SD sudah memiliki HP.  Selain untuk memperlancar komunikasi jarak jauh, HP juga memperlancar bisnis dan usaha. 

Untuk kalangan anak muda teknologi seperti HP atau facebook bisa menjadi tempat curahan hati. Anak muda dahulu sering menggunakan buku diary atau surat menyurat sebagai tempat mengungkapkan semua isi   hatinya. Banyak sekali dari mereka yang sangat sulit sekali untuk mengungkapkan semua perasaannya dengan mudah dan lancar. Sehingga perbedaan perkembangan teknologi ini membuat tabiat anak remaja dahulu berbeda dengan anak muda di zaman ini, karena informasi teknologi yang tampak batas, dari informasi ilmu pengetahuan,  sampai situs-situs terlarang semua ditayangkan menjadikan mereka bertingkah laku permisivisme, pribadi bebas dalam bersikap dan berbuat.

Apakah kemajuan  teknologi membawa kemorosotan akhlak?. Tapi ditinjau dari komunisasi sosial,  HP dan facebook membawa  kearah demokratisasi. Karena, semua orang  belajar mengeluarkan uneg-uneg ataupun kekesalan sebagai jembatan komunikasi terbuka mengeluarkan ide dan pendapat, dan kadang-kadang bisa merumuskan ide atau solusi karena dari beberapa argumen atau pemikiran dari beberapa sudut pandang. 

Dipandang dari  sudut kesehatan, mereka telah mengeluarkan emosi negatif dalam tubuhnya  sehingga stress dapat ditanggulangi dan tidak disimpan lama dalam hatinya, karena jika bersarang, akan melumpuhkan metabolisme tubuh. Hormon stress (kartisol) akan merusak organ dalam tubuh  manusia secara perlahan-lahan.Bisa kita lihat dari beberapa orang pekerja kantoran terutama para kaum lelaki  yang tidak mampu menunjukkan emosinya dengan baik, yang hanya menyimpan kemarahan, kekesalan dan tuntutan hidup sering  mudah diserang oleh  penyakit, dan beralamatkan usianya menjadi pendek. Stress berakibat sangat fatal sekali bagi  organ dan metabolisme tubuh, seperti penyakit darah tinggi, jantungan, diabetes dan banyak lagi komplikasi yang lainnya. Kamu dapat rasakan ketika kamu sedang menyimpan kekesalan atau kebencian dengan seseorang, apa yang kamu rasakan pada tubuhmu?.  Syaraf dan tekanan darah terasa tidak nyaman karena ada emosi yang terpendam, bandingkan jika kamu sedang rilek atau berolahraga.

Teknologi telah membawa anak-anak betah di rumah. Mereka sering menolak jika diajak orang tuanya berpergian, karena anak-anak lebih tertarik dan berasyik ria dengan dunia teknologi seperti game dan aplikasi permainan internet lainnnya. Begitupun anak remaja, kalo dulu mereka sering mencari teman untuk bercurhat dengan adanya facebook mereka cukup membuat status atau menyusun untaian kalimat untuk mengungkapkan perasaan gelisah dan kekecewaannya dari pada berkunjung ke rumah temannya. 

Pekerjaan Rumah (PR) dan jam kerja yang padat dan tugas kantor yang menumpuk di kantor, silaturahmi menjadi hal yang sangat sulit sekali dilakukan, jadi HP dan facebook telah menjadi teman mengisi hari-hari kita, karena untuk menanyakan kabar atau bersua dengan dunia cukup  dengan facebook dan HP, selain dapat berbicara langsung lewat suara dan mampu bertatap muka menjadikan komunikasi sinyal lewat radio sudah banyak ditinggalkan, karena acara televisipun sudah dapat di download lewat internet melalui HP. Bahkan, bersilaturahmi terasa dekat kendatipun mereka berada di luar negeri sekalipun. 

Disisi lain handphone dan facebook mengajari seorang anak atau seorang remaja belajar menggunakan bahasa dengan baik, karena membuat status di facebook  akan menciptakan kata-kata indah karena pilihan kalimat atau bahasa  yang efektif   yang tepat hingga membentuk makna atau ekspresi.  Facebook juga media komunikasi yang sangat baik untuk belajar mengungkapkan perasaan dalam bentuk tulisan dalam sebuah pharagrap yang membentuk sebuah argumen. 

Pembelajaran  dengan pendekatan metode secara   Learning by doing dan  proses try and error dalam penulisan status di facebook, menjadikan seseorang mampu mencurahkan isi hatinya, tanpa sengaja mereka telah belajar membuat puisi pendek, dan pujangga-pujangga cintapun akan dilahirkan. Metode belajar mengarang sepertinya media facebook atau handphone tempatnya, karena teknologi  HP dan facebook merupakan media komunikasi untuk berbagi  dan bercerita. Tidak sulitkan untuk jadi seorang pengarang?  karena jika sering menulis setiap waktu, memilih kata atau kalimat yang tepat  anda pun mampu menjadi seorang penulis sungguhan.





Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *