adsense

Sunday, 10 February 2013

Cara menghitung honor & absensi dengan Excel


Cara Mudah Menghitung  Honor &  Absensi Kehadiran dengan Countif di  Excel



RUMUS
Jumlah hadir
=COUNTIF(E8:AI8;"X")
Absen
=COUNTIF(E8:AI8;"-")
Honor
=AJ8*25000
X
Jumlah kehadiran
-
Absen

Tanda symbol  ‘X’ dan  ‘-‘ , dapat  anda  rubah dengan symbol yang lain, tetapi masukan rumus  sesuai dengan simbolnya. Misal  tanda ‘X’ menjelaskan kehadiran, dapat anda ganti dengan tanda (P). Untuk tanda ‘-‘,  kasih tanda kutip didepannya, karena Excel menterjemahkan sebagai rumus  excel, atau bisa anda ganti dengan tanda lain.
Dari layar worksheet excel ketika anda mengetik  =countif(   dimana layar secara otomatis  muncul rumus:    =Countif(range;criteria)
Keterangan:
Setelah dimasukan rumus  =Countif(range blok kolom 1 sampai 31 dibaris eliza zuzana, beri tanda ‘;” atau “,” sesuai dengan setting dilayar komputer, sebagai pemisah kata.  Ketik kriteria (“X”), yang artinya jumlah kehadiran. Maka dilayar monitor akan nampak  jumlah  X kehadiran Eliza zuzana.
                Untuk rumus absen (ketidak hadiran), rumusnya tetap sama, hanya  ganti tanda “X” menjadi  “-“, dan anda pun dapat mengganti lambang ‘-‘ dengan symbol lain yang menjelaskan ketidakhadiran.  Maka setelah memasukan rumus excel  akan terlihat berapa jumlah ketidak hadirannya.
                Untuk menghitung Jumlah Honor, klik aja kolom jumlah kehadiran dikali honor pertatap muka, misal Rp. 25.000, maka akan  terlihat  berapa total honor pegawai LPKK  IAIN Bengkulu.
               

Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *