adsense

Saturday, 22 June 2013

Mengaktifkan Icon Pengolahan dan Analisis data dengan Excel


        Pengolahan data dengan menggunakan  metode statistik selain menggunakan  SPSS, di Microsoft Excel pun dapat dilakukan. Untuk memanfaatkan fasilitas di Excel , jika iconnya belum aktif di menu  anda dapat mengaktifkannya  dengan cara berikut ini:
        Klik kanan mouse pada sembarang di papan balok Excel, maka muncul kotak dialog seperti ini:


  • Pilih Customize Quick  Access Toolbar, maka akan muncul kotak dialog baru dan pilih   Add-Ins.

  • Pada layar monitor akan tampak tampilan yang memuat daftar fasilitas yang dimiliki Add-Ins, yang dilengkapi dengan kotak cek yang harus  diklik bila fasilitas tersebut diperlukan. Untuk menjalankan  pengolahan data ini, kotak cek yang perlu diklik adalah  yang berada pada fasilitas: Analisis ToolPak dan TollPak VBA.Sesudah diklik, pilih Go

 

  • Untuk memulai proses pengolahan data, klik menu Tools, kemudian dilanjutkan dengan klik submenu Data Analysis. Pada layar Excel akan tampil beberapa jenis analisis yang dapat dilakukan oleh Excel. Pilih  pengolahan data statistik yang diperlukan, maka akan terjadi proses instalasi untuk mengaktifkan icon yang dibutuhkan dan akan muncul pada menu layar Excel kalian.



  • Pada menu layar klik Data, pilih icon data yaitu Data Analysis. Maka akan muncul kotak dialog pilihan untuk pengolahan data statistik, anda tinggal mengaktifkan salah satu pilihan yang dibutuhkan.




Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *