adsense

Saturday, 22 June 2013

Uji t berpasangan pada Excel

        Uji t berpasangan  (Uji  T – Paired) digunakan untuk membandingkan nilai -nilai statistik dua variabel (yang berpasangan). Uji t ini dilakukan pada subjek yang diuji situasi sebelum dan sesudah proses.
         Dalam hal ini produsen  obat diet ingin mengetahui  apakah obat yang diproduksinya benar-benar mempunyai efek terhadap  penurunan berat badan konsumen.  Sampel dilakukan atas 10 orang  masing-masing diukur berat badannya, setelah 1 bulan mengkonsumsi  obat tersebut, berat badannya diukur kembali.  Apakah obat diet tersebut mempunyai efek terhadap penurunan berat badan?.Data  berat badan lihat tabel dibawah ini.

  • Ketik data dibawah pada lembar kerja Excel.

 

        Dari menu  klik Data, pilih icon Data Analysis, maka muncul kotak dialog Data Analysis, dan cari t-Tes Paired Two sample for Means
Klik OK

 
        
        Maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah, pada variable 1 Range semua data sebelum dari cell B3:B12, klik Variable 2 Range semua data sesudah dari cell C3:C12. Bagian Hypothesized Mean Difference anda isi  0 (tidak ada perbedaan rata-rata berat badan sebelum dan sesudah meminum obat diet). Pada bagian Output Range, posisi untuk meletakka output /hasil  perhitungan.  Terakhir klik OK

       Tampak hasil  output perhitungan  dari t-Test Paired Two Sample for Means seperti pada tabel excel dibawah.



Uji Hipotesis
•  H0, yakin ada perubahan setelah minum obat
•  H1, tidak yakin ada perubahan setelah minum obat
•  α = 0.05
•  Daerah kritis, H0 ditolak jika P Value (Sig)(2 taile)<0.05,
•  Statistik Uji, P Value (sig(2 tailed)=0.134
• Kesimpulan, karena P value (sig.(2 tailed)>0.05 maka H0  tidak ditolak, sehingga dapat disimpulkan  bahwa ada perbedaan antara penurunan berat badan sebelum dan sesudah meminum obat.


Ket:
H0    = Hipotesis awal
H1    = Hipotesis alternatif


Sumber diambil dari Buku dan Analisis Data dengan Microsoft Excel  karya Penerbit: Salemba Infotek

Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *