adsense

Monday, 15 July 2013

Cara tidur Nabi Muhammad membuat sehat dan awet muda

Posisi tidur miring
      

        Begadang di malam hari hingga larut malam seperti bukan hal yang aneh lagi di zaman sekarang. Apalagi  sekarang zamannya teknologi, semua  asyik berselancar di dunia maya.  Tuntutan hidup dan  gaya hidup menuntut seorang juga harus berteman dengan  malam.
        Sebagai peringatan begadang di malam hari hingga larut malam sangat tidak baik menurut kesehatan, karena  malam  hari idealnya  waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Di sisi lain, udara di malam hari mengandung unsur yang tidak baik bagi kulit dan pernapasan. Jika seseorang terus-menerus begadang maka akan  berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Sistem imun sangat diperlukan oleh manusia untuk melawan  dari serangan penyakit.
        Menurut riset, sistem kekebalan tubuh manusia  akan meningkat sangat pesat di saat kita sedang tidur. Proses pelepasan  racun dalam tubuh terjadi saat tubuh sedang  tidak beraktivitas (tidur). Waktu malam hari adalah saat untuk pembuangan  zat racun yang menempel pada tubuh pada waktu siang hari. Jika tubuh tidak memanfaatkan proses ini secara maksimal maka kinerja tubuh dalam melakukan proses pembuangan racun tidak efektif.
        Para ahli juga menilai bahwa  kantong empedu  manusia akan aktif melakukan proses pembuangan  racun pada pukul 23.00-01.00 dini hari. Sedangkan fungsi hati melakukan proses detoksifikasi mulai pukul 01.00-03.00 dini hari. Siklus kerja organ-organ dalam tubuh secara otomatis telah terprogram pada tubuh oleh  jam biologis otak. Jika sekali saja Anda begadang maka itu akan mengganggu  kerja organ penghasil imun.
        Untuk menjaga kualitas tidur yang baik, sebaiknya lampu dimatikan, mereka yang tidur dengan lampu menyala memiliki kekebalan lebih rendah  terhadap penyakit, karena  fungsi hormon tidak akan  bekerja dengan baik pada saat ada sinar cahaya terang.   Di malam hari  kelenjar  hormon melatonin diproduksi  secara alami oleh otak, fungsinya sebagai anti oksidan dan mengontrol tidur. Hormon melatonin disebut juga hormon awet muda karena fungsinya sebagai anti oksidan  dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah  penuaan dini. Hormon melatonin berproduksi mencapai puncaknya  antara pukul 23.00-02.00, kelenjar ini hanya  akan berproduksi dalam keadaan cahaya  gelap.
        Posisi tidur yang baik juga menentukan kerja alat organ anda, untuk itu disarankan tidur miring ke kanan,  sebagaimana  anjuran Rasulullah Saw bersabda: “Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah  (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu  untuk  shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR.Bukhari).  
       Rahasia di balik anjuran  itu, dijelaskan  secara ilmiah dapat menjaga saluran pernapasan,  menjaga kesehatan  jantung,  mengistirahatkan otak sebelah kiri,  mengurangi beban jantung, mengistirahatkan jantung,  meningkatkan  pengosongan kantong empedu dan pankreas,  meningkatkan  penyerapan zat gizi,  merangsang  buang  air besar dan  mengistirahatkan kaki kiri. 
       Agar sehat dan awet muda, jagalah kualitas tidur anda, karena sering kita lihat orang yang sering begadang phisiknya lemah, dan sering sakit-sakitan. Jadi dengan menjaga alarm mesin pada tubuh kita dan  mengetahui  posisi tidur yang baik, kita telah menjaga keselamatan  pada organ dalam tubuh kita. 

Artikel Terkait:


 
 

Kirim pesan Anda

Name

Email *

Message *