Saturday 24 August 2013

Wajah mulus dengan Scrub Merica

Merica
       Merica  salah satu bumbu dapur merupakan golongan tumbuhan merambat, memiliki daun jorong, batang berbuku-buku dan menempel pada pokok batang. Menurut seorang herbalis,  merica yang memiliki sifat  penahan rasa sakit (analgesic), antibakteri, dan pencegah infeksi (antiseptik) ini tak hanya efektif untuk menghilangkan luka atau bekas cacar,  merica juga bisa dijadikan scrub untuk menghaluskan kulit.
       Merica mengandung saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putir telur, amilum, piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillence oksida, kariptone, dan tran plocarrol. Kandungan-kandungan tersebut sangat bagus untuk memberikan nutrisi pada kulit.
      Untuk menghaluskan kulit, bubuk merica dalam jumlah sedikit dicampur dengan setengah gelas gula pasir serta 2 sdm mintak zaitun, lalu diaduk rata. Sebelum digunakan, bersihkan dulu wajah atau kuit yang akan diolesi scrub dengan air bersih. Lalu dioleskan campuran merica sembari kulit diberi pijatan perlahan. Tekstur merica yang agak kasar  sangat efektif mengangkat sel-sel kulit mati. Jika dilakukan rutin dalam sebulan, maka hasilnya akan terlihat.

No comments:

Post a Comment